PENDUDUK, MASYARAKAT , DAN KEBUDAYAAN


  1. PENDUDUK

    Penduduk adalah orang atau sekelompok manusia yang berdomisili diasuatu tempat. Penduduk indonesia adalah orang atau sekelompok orang yang tinggal atau berdomisili di wilayah indonesia.penduduk di indonesia terdiri atas 1.128 suku bangsa , 726 bahasa. Meskipun indonesia ini memiliki penduduk yang memiliki banyak suku dan bahasa. Namun dengan adanya silsilah “Bhineka Tunggal Ika” atau “Bersatu kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” penduduk di indonesia saling menyatu satu sama liannya. Saling membangun untuk satu yaitu untuk indonesia. Meskipun akhir-akhir ini penduduk indonesia banyak terjadi kerusuhan. Namun masih banyak kerukunan antar penduduk di indonesia ini. Penduduk indonesia adalah penduduk yang menyukai persatuan. Jadikan Indonesia Negara yang Kokoh dengan penduduk hebat.

  2. MASYARAKAT

    Masyarakat adalah sekelompok orang yang membuat sebuah sistem dimana antar individu saling berinteraksi.

    Berikut seputar masyarakat :

    1. Masyarakat Transisi

      Masyarakat transisi adalah masyarakat yang mengalami perubahan dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya. Misalnya masyarakat pedesaan yang mulai mengubah gaya hidup menjadi masyarakat perkotaan. Gaya hidup baik dari segi pekerjaan, pendidikan , transportasi dll.

    2. Masyarakkat Madani

      Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradap, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat madani dapat dilihat dari sopan santun, sikap menghargai orang lain, gotong royong itu sudah di kategorikan sebagai masyarakat madani.seperti contoh seorang wanita yang memakai pakain yang rapi dan sopan, pakaian yang rapi dan sopan itulah yang menunjukan ia adalah masyarakat madani, masyarakat yang beradap.

    3. Masyarakat Multikultural

      Masyarakat multikultural adalah masyarakat-masyarakat yang saling menghargai berbagai budaya yang ada dalam mayarakat itu sendiri. Sebagai contoh orang jawa dengan orang sunda, mereka memiliki bahasa yang berbeda namun banyak kata yang sama dan artinya berbeda, namun dalam masyarakat mereka saling berkomunikasi dan saling menghargai bahasa satu sama lainnya.

  3. KEBUDAYAAN

    Budaya, budaya adalah cara hidup yang berkembang di masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi, sedangkan Kebudayaan itu sendiri adalah suatu kebiasaan masyakat yang mengandung nilai-nilai penting yang diwariskan dari gerasi ke kenerasi. kebudayaan ini biasanya berupa rumah adat, tarian adat, pakaian adat, alat musik dll. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Berikut adalah contoh kebudayaan yang ada di indonesia :

    Salah satu kesenian khas daerah Yogyakarta antara lain kethoprak, ada juga jathilan, serta wayang kulit yang sudah menyatu menjadi bagian budaya Indonesia. Selain itu propinsi Yogyakarta juga sudah dikenal dalam pembuatan pakaian tradisional dengan dengan cara dan gaya yang unik seperti batik kain dicelup.

    1. Jathilan

    Dikenal juga sebagai Jaran KepangJaran Dor atau Kuda Lumping di daerah lain, Jathilan adalah sebuah seni pertunjukan yang berkembang luas di berbagai penjuru Yogyakarta. Jathilan dipertunjukkan umumnya pada siang dan sore hari oleh sekelompok seniman yang terdiri dari penari dan pemain gamelan. Dahulu, Jathilan merupakan sebuah tarian ritual untuk memanggil roh kuda dan meminta keamanan desa serta keberhasilan panen. Menurut perannya dalam masyarakat Jawa, kuda melambangkan kekuatan, kepatuhan, dan sikap pelayanan dari kelas pekerja. Hal inilah yang menginspirasi seluruh pertunjukan Jathilan yang menempatkan penari dengan kuda-kudaan sebagai pusat perhatian.


    Penari Jathilan

    1. Wayang Jawa Yogyakarta


    Wayang Kulit Yogyakarta

    Kebudayaan Desa SODO

    Click

    Sumber : Wikipedia.org

About these ads

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: