PEMUDA DAN SOSIALISASI


28 oktober 2012, hari ini tepat pada hari sumpah pemuda , 28 oktober 1928 adalah hari lahirnya bangsa indonesia. Hari dimana para pemuda membulatkan tekad untuk terlepas dari ketertindasan. Pemuda indonesia ingin mengangkat martabat bangsa indonesia.tekad inilah yang menjadikan indonesia berhasil mencapai kemerdekaannya pada 17 agustus 1945. Berikut adalah teks yang ejaanya sudah disempurnakan :

  1. Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kedua  : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga  : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Inilah janji atau sumpah pemuda indonesia. Namun disini saya tidak menjelaskan tentang sejarah Sumpah pemuda disini saya hanya sekedar mengingatkan bahwa tanggal 28 oktober adalah hari yang sangat bersejarah dan perlu diteladangi agar pemuda indonesia bisa terus lebih baik.


 
 

  1. PEMUDA

    Pemuda adalah Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik. pemuda, pemuda mempunyai emosi yang sangatlah besar. Pemuda terkadang memakai emosinya untuk hal-hal yang negatif seperti “tawuran” yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Namun masih banyak pemuda yang menuangkan emosinya kedalam hal-hal yang positiv, Sebagai contoh pemuda indonesia mampu memenangkan bebagai event perlombaan internasional, dalam olimpiade Iptek Internasional, International Sustainable World Energy, Engineering & Environment Project Olympiad, I-SWEEEP 2012 diselenggarakan di Houston, Amerika Serikat pada 3 – 6 Mei 2012. Enam pemuda dari Indonesia memboyong medali perak dan perunggu.pemuda mempunyai potensi yang amatlah besar namun terkadang lingkungan yang kurang baik mudah mempengaruhi pemuda. Lingkungan yang kurang baik menjadikan pemuda terjerumus ke hal-hal negativ.

    Agar pemuda mempunyai akhlak yang baik ada hal yang harus dilaksanakan :

    1. Memanfaatkan waktu luang

      Untuk mengatasi hal ini, hendaknya seorang pemuda berupaya (untuk mengisi waktu luangnya) dengan kegiatan yang cocok (dan bermanfaat) untuknya, seperti membaca, menulis, berwiraswasta atau kegiatan lainnya, untuk menghindari kekosongan aktifitas dirinya, dan menjadikannya sebagai anggota masyarakat yang berbuat (kebaikan) untuk dirinya dan orang lain.

    2. Memilih teman bergaul

      Pilihlah teman yang baik hendaknya seorang pemuda berusaha mencari teman bergaul orang-orang yang baik dan shaleh serta berakal, agar dia bisa mengambil manfaat dari kebaikan, keshalehan dan akalnya. Maka hendaknya seorang pemuda menimbang keadaan orang-orang yang akan dijadikan teman bergaulnya, dengan meneliti keadaan dan akhlak mereka.

    3. Memilih bacaan yang baik dan bermanfaat

      Pilihlah bacaan yang baik, bacaan yang mengandung sesuatu yang bermanfaat.

SOSIALISASI

Sosialisasi adalah proses mempelajari, menghayati, dan menanamkan suatu nilai, norma , peran, pola perilaku yang diperlukan individu-individu untuk dapat berpartisipasi yang efektif dalah kehidupan masyarakat. Seseorang dari lahirnya hingga akhir hayatnya selalu terlibat proses sosialisasi.

Media sosialisasi

Dalam masyarakat banyak media sosialisai, antara lain keluarga, teman sepergaulan, sekolah, tempat bekerja, media massa dan masyarakat umum. Media sosialisasi tersebut sangatlah berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seseorang. Media sosialisasi di bedakan menjadi 2 yaitu sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder.

  • Sosialisasi primer

    Dalam sosialisasi primer didalamnya adalah sosialisasi melalui media keluarga. Keluarga merupakan madia sosialisasi yang pertama dan paling utama dalam proses sosialisasi. Kehidupan dalam keluarga mempengaruhi kebpribadian seseorang. Contohnya keluarga yang tidak harmonis seperti orang tua yang sering cekcok, bercerai atau kurang memberi perhatian kepada anak-anaknya dalam hal tersebut dapat membentuk keprbadian anak itu sendiri.

  • Sosialisasi sekunder

    Sosialisasi melalui media teman sepermainan,Sekolah,tempat bekerja, masyarakat umum, dan media masa. Dalam sosialisasi ini juga mempengaruhi kepribadian seseorang.namun dalam sosialisasi sekunder ini tergantung dari diri seseorang tersebut apakah ia dapat memilih manakah hal baik dan hal yang kurang baik.

 
 

Sumber : UG-Wartawarga dan atturots.or.id

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: