Manusia dan Kebudayaan


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

 

Manusia tidak terlepas dari kebudayaan,setiap manusia memiliki kebudayaannya masing-masing baik kebudayaan yang berasal dari daerahnya maupun kebudayaan yang didapatnya dari lingkungannya.


disini saya akan menulis tentang beberapa pokok-pokok pembahasan tentang manusia dan kebudayaan diantaranya

  • Unsur-unsur pembangun manusia
  • Hakekat manusia
  • Kepribadian Bangsa Timur
  • Pengertian Kebudayaan
  • Unsur-unsur Kebudayaan
  • Wujud kebudayaan
  • Orientasi Nilai budaya
  • Perubahan Kebudayaan dan
  • Kaitan manusia dengan kebudayaan

Pertama apa itu manusia ??Dalam ilmu kimia Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan system yang dimiliki oleh manusia. Dari ilmu Fisika, Manusia merupakan kumpulan dari berbagai system fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi. Dan Dari segi ilmu biologi manusia merupakan mahkluk biologis yang tergolong dalam golongan mahkluk mamalia.

Unsur-Unsur Pembangun manusia

Adapun unsur-unsur pembangun manusia adalah sebagai berikut :

  1. Jasad yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat dilihat secara nyata , dan menempati ruang dan waktu.
  2. Hayat yaitu mengandung unsure hidup, yang ditandai dengan gerak.
  3. Ruh yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersift konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
  4. Nafs (diri atau keakuan ), yaitu kesadaran tentan diri sendiri.

Manusia mempunya kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian dalam manusia mengandung 3 unsur yaitu :

  • Id , Yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan cirri alami yang irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
  • Ego Merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubgunkan energi Id ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
  • Superego Merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia limat tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.

Hakikat manusia

Pada hakikatnya manusia terlahir sebagai khalifah di bumi, yaitu sebagai mahkluk yang paling bertanggung jawab atas semua yang ada di bumi ini. Itu dari segi agama .Namun dalam ilmu psikologi Hakekat manusia adalah sebagai berikut :

Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

  1. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
  2. yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
  3. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
  4. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
  5. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
  6. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
  7. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

Kepribadian Bangsa Timur

Bangsa Timur, bangsa timur adalah suatu karakter yang mencerminkan masyarakat menganut budaya timur (asia dan timur tengah).pada umumnya bangsa timur tengah memiliki toleransi yang tinggi dibangdingkan bangsa barat.Kepribadian bangsa timur identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun dalam berpakaian. Terdapat ciri khas dalam berbagai negara yang mencerminkan negara tersebut memiliki suatu kepribadian yang unik. Misalnya masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa. Sebagian besar mereka bertutur kata dengan lembut dan sopan. Dan terdapat beberapa aturan atau larangan yang tidak boleh dilakukan menurut versi orang dulu yang sebenarnya menurut orang Jawa itu suatu nasihat yang membangun. Misalnya tidak boleh duduk di depan pintu. Hal tersebut merupakan ciri dari kepribadian yang unik dari bangsa timur.bangsa timur juga masih ada adat istiadat dalam lingkungannya dalam lingkungan bermasyarakat adat istiadat masih dipakai. Ada juga acara adat yang masih selalu dilakukan oleh bangsa timur.

Pengertian Kebudayaan

Budaya, budaya adalah cara hidup yang berkembang di masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi, sedangkan Kebudayaan itu sendiri adalah suatu kebiasaan masyakat yang mengandung nilai-nilai penting yang diwariskan dari gerasi ke kenerasi. kebudayaan ini biasanya berupa rumah adat, tarian adat, pakaian adat, alat musik dll. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Berikut adalah contoh kebudayaan yang ada di indonesia :

Salah satu kesenian khas daerah Yogyakarta antara lain kethoprak, ada juga jathilan, serta wayang kulit yang sudah menyatu menjadi bagian budaya Indonesia. Selain itu propinsi Yogyakarta juga sudah dikenal dalam pembuatan pakaian tradisional dengan dengan cara dan gaya yang unik seperti batik kain dicelup.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Secara garis besar Kebudayaan jga dapat di definisikan sebagai hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang dilakukan secara sadar dalam kehidupan masyarakat.dimana Cipta adalah kemampuan akal pikiran yang menghasilkan ilmu pengetahuan, Rasa adalah kemampuan indra yang mendorong manusia unuk mengembangkan rasa keindahan yang melahirkan karya-karya seni yang agung,dan Karsa itu sendiri adalah kehendak manusia terhadap adanya kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan.berdasarkan dari pengertian dari kebudayaan itu sendiri maka Unsur-unsur Kebudayaan itu :

  • Unsur peralatan dan erlengkapan hidup, seperti : rumah, pakaian, kendaraan dan lain-lainnya
  • Unsur mata pencaharian / sistem ekonomi, seperti pegawai, petani, buruh, dan lain-lainnya
  • Unsur sistem kemasyarakatan, yang meliputi: hukum, kekerabatan, pernikahan dan lain-lainnya
  • Unsur bahasa baik lisan maupun tulisan yang berfungsi sebagai alat komunikasi
  • Unsur Kesenian, seperti seni tari, seni musik, seni rupa dan lain sebagainya
  • Unsur Ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti: pengetahuan alam, perbintangan, pertambangan, komputer dan lain sebagainya
  • Unsur agama dan kepercayaan

Unsur-unsur diatas menjadikan satu kebudayaan di dalam masyarakat.

Wujud Kebudayaan

Berikut adalah wujud kebudayaan :

Yang pertama adalah kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan lainnya. wujud ini merupakan wujud ideal dari kebudayaan. tempatnya ada di dalah kepala atau pikiran, auatu bisa juga tertuang dalam tulisan-tulisan. Wujud kebudayaan yang kedua adalah kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. wujud kebudayaan ini sering disebut juga sistem sosial atau sosial system, yakni tindakan berpola manusia itu sendiri. sebagai rangkaian aktivitas manusia, sistem sosial atau wujud kebudayaan ini bersifat konkrit atau nyata, terjadi setiap saat di sekitar kita, dapat di observasi, dan dapat di dokumentasikan. sistem sosial suatu bangsa tertentu bisa dipelajari sejak bangsa itu mengenal kebbudayaan sampai ketika pengaruh-pengaruh dari luar datang dan saling memperngaruhi atau terjadinya akulturasi budaya. sebuah bangsa memiliki sistem sosial tersendiri yang tak bisa disamakan dengan bangsa lain. sistem sosial suatu bangsa merupakan pintu masuk bangsa lain ketika akan mempelajari keberadaan bangsa tersebut.Wujud ketika adalah kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. wujud kebudayaan ini sering disebut juga dengan kebudayaanfisik. oleh karena sifatnya benda fisik, wujud ini sangat kongkrit, dapat diraba, dilihat, dan difoto. misalnya komputer, bangunan, dan pakaian. diantara wujud kebudayaan itu yang paling terus berkembang seiring dengan berputarnya waktu adalah kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia. hasil karya manusia ini terus tumbuh dan berkembang seiring dengan tumbuh dan berkembangnya manusia itu sendiri.

Orientasi Nilai Budaya

Kluckhohn dalam Pelly (1994) mengemukakan bahwa nilai budaya merupakan sebuah konsep beruanglingkup luas yang hidup dalam alam fikiran sebahagian besar warga suatu masyarakat, mengenai apa yang paling berharga dalam hidup. Rangkaian konsep itu satu sama lain saling berkaitan dan merupakan sebuah sistem nilai – nilai budaya. Secara fungsional sistem nilai ini mendorong individu untuk berperilaku seperti apa yang ditentukan. Mereka percaya, bahwa hanya dengan berperilaku seperti itu mereka akan berhasil (Kahl, dalam Pelly:1994). Sistem nilai itu menjadi pedoman yang melekat erat secara emosional pada diri seseorang atau sekumpulan orang, malah merupakan tujuan hidup yang diperjuangkan. Oleh karena itu, merubah sistem nilai manusia tidaklah mudah, dibutuhkan waktu. Sebab, nilai – nilai tersebut merupakan wujud ideal dari lingkungan sosialnya. Dapat pula dikatakan bahwa sistem nilai budaya suatu masyarakat merupakan wujud konsepsional dari kebudayaan mereka, yang seolah – olah berada diluar dan di atas para individu warga masyarakat itu.

Dapat pula dikatakan bahwa Nilai budaya adalah suatu bentuk konsepsi umum yang dijadikan pedoman dan petunjuk di dalam bertingkah laku baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan tentang baik buruk, benar salah, patut atau tidak patut.Sistem nilai budaya ini merupakan rangkaian dari konsep-konsep abstrak yang hidup dalam masyarakat, mengenai apa yang dianggap penting dan berharga, tetapi juga menjadi pedoman dan pendorong perilaku manusia dalam hidup yang memanifestasi kongkritnya terlihat dalam tata kelakuan. Dari sistem nilai budaya termasuk norma dan sikap yang dalam bentuk abstrak tercermin dalam cara berfikir dan dalam bentuk konkrit terlihat dalam bentuk pola perilaku anggota-anggota suatu masyarakat.Orientasi atau focus dari nilai budqaya adalah untuk membahas dan juga menyelesaikan 5 permasalahan dalam hidup yaitu

(1) masalah hakekat hidup,     

(2) hakekat kerja atau karya manusia,

(3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu,

(4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan

(5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya.

Perubahan Kebudayaan

Perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.

Contoh :

Masuknya mekanisme pertanian mengakibatkan hilangnya beberapa jenis teknik pertanian tradisional seperti teknik menumbuk padi dilesung diganti oleh teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi. Peranan buruh tani sebagai penumbuk padi jadi kehilangan pekerjaan. Semua terjadi karena adanya salah satu atau beberapa unsur budaya yang tidak berfungsi lagi, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan didalam masyarakat. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian yaitu : kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat bahkan perubahan dalam bentuk juga aturan-aturan organisasi social. Perubahan kebudayaan akan berjalan terus-menerus tergantung dari dinamika masyarakatnya.

#Ada faktor-faktor yang mendorong dan menghambat perubahan kebudayaan yaitu:

Mendorong perubahan kebudayaan

  • Adanya unsur-unsur kebudayaan yang memiliki potensi mudah berubah, terutama unsur-unsur teknologi dan ekonomi ( kebudayaan material)
  • Adanya individu-individu yang mudah menerima unsur-unsur perubahan kebudayaan, terutama generasi muda.
  • Adanya faktor adaptasi dengan lingkungan alam yang mudah berubah.

Menghambat perubahan kebudayaan

  • Adanya unsur-unsur kebudayaan yang memiliki potensi sukar berubah seperti : adat istiadat dan keyakinan agama ( kebudayaan non material)
  • Adanya individu-individu yang sukar menerima unsure-unsur perubahan terutama generasi tu yang kolot.

#Ada juga faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan :

Faktor intern

  • Perubahan Demografis

    Perubahan demografis disuatu daerah biasanya cenderung terus bertambah, akan mengakibatkan terjadinya perubahan diberbagai sektor kehidupan, c/o: bidang perekonomian, pertambahan penduduk akan mempengaruhi persedian kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

  • Konflik sosial

    Konflik social dapat mempengaruhi terjadinya perubahan kebudayaan dalam suatu masyarakat. c/o: konflik kepentingan antara kaum pendatang dengan penduduk setempat didaerah transmigrasi, untuk mengatasinya pemerintah mengikutsertakan penduduk setempat dalam program pembangunan bersama-sama para transmigran. Bencana alam

  • Bencana alam yang menimpa masyarakat dapat mempngaruhi perubahan c/o; bencana banjir, longsor, letusan gunung berapi masyarkat akan dievakuasi dan dipindahkan ketempat yang baru, disanalah mereka harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan budaya setempat sehingga terjadi proses asimilasi maupun akulturasi.
  • Perubahan lingkungan alam

    Perubahan lingkungan ada beberapa faktor misalnya pendangkalan muara sungai yang membentuk delta, rusaknya hutan karena erosi atau perubahan iklim sehingga membentuk tegalan. Perubahan demikian dapat mengubah kebudayaan hal ini disebabkan karena kebudayaan mempunyai daya adaptasi dengan lingkungan setempat.

Faktor ekstern

  • Perdagangan Indonesia terletak pada jalur perdagangan Asia Timur denga India, Timur Tengah bahkan Eropa Barat. Itulah sebabnya Indonesia sebagai persinggahan pedagang-pedagang besar selain berdagang mereka juga memperkenalkan budaya mereka pada masyarakat setempat sehingga terjadilah perubahan budaya dengan percampuran budaya yang ada.
  • Penyebaran agama

    Masuknya unsur-unsur agama Hindhu dari India atau budaya Arab bersamaan proses penyebaran agama Hindhu dan Islam ke Indonesia demikian pula masuknya unsur-unsur budaya barat melalui proses penyebaran agama Kristen dan kolonialisme.

  • Peperangan

    Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia umumnya menimbulkan perlawanan keras dalam bentuk peperangan, dalam suasana tersebut ikut masuk pula unsure-unsur budaya bangsa asing ke Indonesia.

Kaitan manusia dengan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan memiliki kaitan yang sangat erat, manusia tidak dapat di pisahkan dari kebudayaan karena setiap tingkah laku manusia di pengaruhi oleh kebudayaan yang ada di sekitarnya. Contohnya saja ketika manusia lahir di wilayah jawa tepatnya yogyakarta. Manusia yang lahir disana umumnya memiliki budaya tutur kata yang lembut dan sopan.
Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:

  1. Penganut kebudayaan,
  2. Pembawa kebudayaan,
  3. Manipulator kebudayaan, dan
  4. Pencipta kebudayaan.

Disamping itu, kebudayaan manusia itu menciptakan suatu keindahan yang biasa kita sebut dengan suatu seni. Keindahan atau seni dibutuhkan oleh setiap manusia agar kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih indah.Manusia dan keindahan atau seni memang tidak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, eni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya menjadi bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakan.Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur), yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena perbedaan umur, ras, etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender.

 

Sumber :

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-kebudayaan
http://dwicandrayanuar.blogspot.com/2012/03/pengertian-kepribadian-bangsa-timur.html
http://sahat1ka43.blogspot.com/2012/07/manusia-beserta-kebudayaan.html
http://kamusq.blogspot.com/2012/10/7-unsur-unsur-kebudayaan.html
http://3.bp.blogspot.com/-3E87oGD3l1Q/T1NkxGdXBgI/AAAAAAAAACE/YnjfxI06SpY/s1600/keragaman-budaya.jpg
http://google.co.id
http://wikipedia.org


 

Iklan

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: