MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


Unsur ideologi

Dalam kehidupan ada 3 unsur ideologi bagi manusia yaitu pandangan hidup, Nilai-Nilai dan Norma-norma.

  1. Pandangan Hidup

    Pandangan hidup adalah Pandangan Hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua manusia pasti mempunyai suatu pandangan hidup sendiri-sendiri dan kemungkinan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tak sedikit pula orang yang mempunyai pandangan hidup yang sangat bertentangan dengan pandangan hidup orang yang lainnya, itulah yang sering memicu perdebatan diantara umat manusia dalam kehidupan sehari hari.

  2. Nilai-Nilai

     

  3. Norma-norma

Cita-cita

Cita-cita!!apa yang terfikir jika membicarakan cita-cita? Pasti masa depan. Tapi apa arti sebenarnya dari cita-cita itu menurut saya cita-cita adalah suatu hal yang merupakan impian dan tujuan dimasa yang akan datang yang akan kita raih dan akan melakukannya dengan semangat yang tinggi untuk mencapai impian itu.

Adakah manusia hidup tanpa cita-cita?? Menurut saya “TIDAK” kenapa?? Orang didunia ini selalu memiliki impian biarpun impian yang ia impikan terkadang amatlah sulit diraih dan impian itu kadang terlupakan. Contoh saja orang yang lumpuh sejak lahir.mungkin kita tidak tau apa yang ia fikirkan tapi saya sakin mereka punya impian atau cita-cita, mungkin itu untuk sembuh atau yang lainnya.karena menurut saya hal yang diinginkan itu sama saja dengan cita-cita atau impian.

Hati, adalah organ tubuh manusia,hehe tapi bukan hati itu tapi hati yang berhubungan dengan perasaan seseorang, ada tiga kategori hati yang dimiliki seseorang yaitu keras, lunak dan lemah.

  1. Hati yang keras

    Keras hati, keras hari adalah sifat dimana seseorang tidak mau menerima pengajaran yang baik , tidak mau menerima nasehat dari orang lain dan tidak suka dikritik oleh orang lain dan menganggap apa yang ia lakukan adalah benar dan hatinyapun tidak tersentuh ketika ada kesedihan atau pun penderitaan pada orang lain.orang yang memiliki hati keras ketika memiliki cita-cita ia akan melakukannya hingga cita-cita tersebut telaksana.

  2. Hati Yang lunak

    Berbeda dengan hati yang keras, hati yang lunak adalah kebalikannya sifat ini menerima pengajaran yang baik, nasehat, kritikan dan mudah tersentuh oleh penderitaan orang lain.dan ketika memiliki cita-cita maka ia akan menggapai cita-citanya dengan tidak tergesa-gesa.

  3. Hati Yang Lemah

    Adalah ketidak mauan seseorang melakukan kegiatan yang baik dan menutupinya dengan kemalasan.orang yang berhati lemah mudah terpengaruh oleh lingkungannnya.

Kebajikan

Kebajikan adalah suatu hal yang dilakukan oleh seseorang dalam konteks kebaikan. Apakah hubungan kebajikan dengan moral? Tentu saja sangat berhubungan kenapa? Karena seseorang yang melakukan kebajikan mencerminkan bagaimana sifat atau moral orang tersebut.

Untuk mengetahui kebajikan ada tiga segi yaitu :

  1. Manusia sebagai Pribadi

    Dalam melakukan kebajikan pasti yang pertama adalah adanya dorongan dari dalam dirinya untuk melakukan itu.

  2. Manusia sebagai anggota masyarakat

    Dalam bermasyarakat seseoranag saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga seseorang melakukan kebajikan untuk masyarakat

  3. Manusia sebagai mahkluk Tuhan

    Manusia sebagai mahkluk tuhan manusia dianjurkan untuk melakukan kebaikan, maka manusia sebagai mahkluk tuhan yang taat akan perintahnya pasti akan melakukan kebajikan

Sikap hidup manusia tergantung dari pribadi dan lingkungannya

manusia sebagai mahkluk sosial pasti selalu berhubungan dengan lingkungannya, sikap manusia kadang kala terpengaruh akan lingkungan diamana ia berada,contoh jika seorang anak kecil yang dibesarkan dilingkungan pesantren dan satu lagi dilingkungan preman, anak kecil yang dibesarkan di pesantren akan memiliki sikap yang lebih baik dibandingkan dengan anak kecil yang dibesarkan dilingkungan preman. Kenapa demikian? Menurut saya ketika seseorang dibesarkan di pesantren maka akan banyak hal baik yang diberikan orang-orang kepada anak tersebut dan ketika anak kecil dibesarkan di lingkungan preman maka secara tidak langsung anak tersebut akan melihat tindakan yang kurang baik dari orang-orang disekitarnya dan akan membuat anak tersebut menirunya. itu contoh untuk anak kecil bagaimana dengan orang dewasa, kalau menurut saya akan sama saja akan tetapi orang yang dewasa untuk sikap hidupnya lingkungan akan sangat berpengaruh akan tetapi pribadilah yang amat menentukan sikap hidup seseorang tersebut.

Sikap etis dan sikap non etis.apakah itu?? ,,,,,,,,,,,,,,,,

Sikap etis bisa juga disebut sikap positif dan sikap non etis adalah sikap negatif. Sikap etis atau sikap positif adalah sikap dimana seseorang ketika dalam melakukan kegiatannya selalu tenang dan selalu berfikir baik tidak berfikir hal-hal yang kurang baik.dalam sikap etis dia tenang,arif , berani dan rendah hati. Sedangkan sikap non etis atau sikap negatif adalah sikap dimana seseorang tersebut selalu berfikiran hal-hal yang tidak baik, selalu memikirkan hal-hal yang jelek. Sikap ini biasanya kaku,gugup, dan angkuh.

Pandangan Hidup

Setiap bangsa di dunia yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya sehingga dapat memecahkannya secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang–ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia. Pandangan hidup bangsa indonesia adalah pancasila. Pancasila merupakan dasar pembetuk bangsa indonesia. Setiap hal yang dilakukan oleh bangsa indonesia harus sesuai dengan pancasila. Baik dari peraturan perundang udangan maupun semua hal yang dilakukan oleh bangsa indonesia. Pancasila merupakan hal yang paling mendasar bagi bangsa indonesia dalam melakukan aktifitas bangsa indonesia.

 

Kebutuhan manusia

Kebutuhan manusia meliputi :

  1. Sandang

    Apa itu sandang? Sandang adalah pakaian yang digunakan manusia. Manusia memerlukan pakaian untuk melakukan kegiatannya sehari-hari baik untuk melindungi badan ataupun untuk kesopanan. Ada beberapa suku mungkin hanya memakai sehelai pakaian, biarpun sehelai tapi itu pakaian jadi manusia sangat membutuhkan pakaian atau sandang.kalau ada orang yang gx pake pakaian cek masih normal gx pikirannya,,hehhee…

  2. Pangan

    Pangan adalah makanan, siapa yang gx butuh makanan pastinya tidak ada, binatang dan tumbuhan saja membutuhkan makanan apalagi manusia.manusia amatlah membutuhkan makanan untuk mengisi energi didalam tubuhnya. Manusia tidak dapat telepas dari makanan.

  3. Papan

    Papan adalah tempat tinggal.manusia sangat membutuhkan tempat tinggal terutama untuk keluarganya manusia membutuhkan tempat tinggal untuk tempat berhuni atau menetap.tempat tinggal yang nyaman dan bagus merupakan impian setiap manusia,maka dari itu manusia terkadang berkerja setiap hari untuk memperoleh tempat tinggal yang layak.

Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.setiap orang harus memiliki sikap bertanggung jawab.

Ada beberapa tanggung jawab :

  1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

    Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah bertanggung jawab atas semua hal yang dilakukan untuk dirinya sediri dan sadar akan semua tentang yang ia lakukan terhadap dirinya

  2. Tanggung jawaba terhadap masyarakat

    Seperti sebelumnya manusia hidup bermasyarakat maka setiap hal yang dilakukan sebagai warga masyarakat adalah berinteraksi dengan oranglain agar saling mengenal.

  3. Tanggung jawab terhadap keluarga

    Keluarga adalaha masyarakat kecil.dalam keluarga kita harus bertanggung jawab antara lain bertanggung jawab atas orang-orang yang ada dikeluarga, menjaga nama baik keluarga, kesejahteraan dan keamanan keluarga.

  4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

    Sebagai warga negara yang baik kita wajib ikut menjunjung tinggi bangsa dan negara, baik dengan membantu fikiran tenaga dan tindakan. Atau mungkin cukup mentaati peraturan yang ada di negara yang kita tempati

  5. Tanggung jawab tehadap Tuhan

    Sebagai mahluk yang beragama kita percaya akan adanya Tuhan, sebagai mahkluk tuhan yang paling sempurna manusia dituntut untuk melakukan kewajibannya yaitu bertanggung jawab akan semua yang ada dibumi ini dan bertanggung jawab akan semua tindakannya.

Pengabdian

Pengabdian berarti mengabdi atau mengabdikan,pengabdian adalah tindakan yang dilakukan secara iklas tanpa mengharapkan sedikitpun imbalan. Apakah sama pengabdian dengan bantuan??kalau menurut saya pengabdian dan bantuan itu hampir sama. Kalau pengabdian tidak mengharapkan imbalan maka bantuan pun sama saja. Yang membedakan antara pengabdian dan bantuan adalah tujuannya biasanya pegabdian tujuanya adalah menyerahkan seluruh kemampuannya untuk hal yang ia abdikan. Sedangkan bantuan adalah memberikan semua kemampuannya untuk yang akan ia bantu pada saat itu saja.

Pengorbanan

Pengorbanan adalah suatu tindakan atau kerelaan seseorang akan suatu hal,yang biasanya ditunjukan pada seseorang yang mempunyai tujuan atau makna dari tindakanya itu, dalam bentuk pertolongan dan tidak berharap imbalan dari suatu tindakan atau kerelaan, ikhlas semata-mata karna Tuhan.

Macam-macam pengorbanan

  • Pengorbanan Tehadap Tuhan/Agama

    Contohnya Umat Islam melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari, melakukan zakat, melaksanakan kurban dan sebagainya, itu semua tidak lain adalah untuk pengabdian kepada Tuhan yang Maha Esa.

  • Pengorbanan Terhadap Bangsa/Negara

    Menjadi seorang tentara maupun polisi untuk pengabdian terhadap negara

  • Pengorbanan Terhadap Masyarakat

    Memberikan semua kemampuannya untuk membangun desa,baik membantu dari pendidikan maupun materi

  • Pengorbanan Terhadap Keluarga

    Seorang suami yang mencari nafkah untuk keluarganya yang tanpa lelah, dan seorang istri yang selalu melakukan tanggung jawabnya untuk mengurus anak-anaknya.

  • Pengorbanan Terhadap Diri Sendiri

    Pengorbanan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah yang di berikan oleh dosen-dosen mereka. Karen untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut, tentu kita akan merelakan segala waktu kita untuk beberapa jam berkutat denga tugas-tugas tersebut. Disaat kita lelah sehabis kuliah dan ingin beristirahat, tetapi karena ingin segera menyelesaikan tugas sehingga kita korbankan waktu istirahat kita untuk mengerjakan tugas.

 

Jika ada yang salah kata atau pengertian yang salah mohon dibenarkan… JJ terimakasih……

 

Sumber :

wikipedia.org

http://putrinurani94.wordpress.com/tag/httptugas-untuk-kuliah-blogspot-com201205pengertian-pengabdian-dan-pengorbanan-html/

http://satyaariyono.wordpress.com/2012/06/12/macam-macam-bentuk-pengabdian/

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: