ORGANISASI #CIRI-CIRI ORGANISASI


#Organisasi#
Sebelum ke Ciri-ciri Organisasi lebih baik kita kenal dulu apa itu organisasi ?,Organisasi, mendengar kata organisasi pasti yang terfikir oleh kita adalah kumpulan orang-orang. Namum apa sebenarnya itu organisasi, ada beberapa ahli yang mendefinisikan arti dari organisasi :


– Menurut Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” , Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih”

– Menurut James D. Mooney : Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama

– Menurut Menurut Dimock : Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan

Jadi dapat disimpulkan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang yang berada dalam satu wadah dan saling berhubungan satu sama lain dan mempunyai satu tujuan yang sama atau mempunyai tujuan bersama.

Sekarang kita tahu apa itu organisasi.dari arti organisasi itu dapat kita ambil intinya atau unsur dasar dari organisasi yaitu :

  1. Adanya sekumpulan orang (lebih dari satu orang)
  2. Adanya kerjasama/hubungan antar anggota
  3. Adanya tujuan yang ingin dicapai

Arti Organisasi sudah,Unsur dari Organisasi Udah sekarang Ciri-ciri Organisasi.apa sajakah ciri-ciri organisasi ??ada yang tau dibawah ada??hehhe

Ciri-Ciri Organisasi :

  1. Adanya sekumpulan orang yang saling mengenal

    Ciri-ciri pertama ini harus ada beberapa orang yang saling mengenal satu sama lainnya, jika hanya ada satu orang maka pastinya itu bukan organisasi

  2. Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan yang merupakan kesatuan kegiatan

    Didalam organisasi setiap orang memiliki kegiatan-kegiatan yang berbeda beda contohnya : dalam organisasi OSIS SMA/SMK didalamnya terdapat banyak bagian, ada yang sebagai ketua,sekretaris,bendahara,Humas dan sebagainya didalam organisasi tersebut terdapat banyak bagian yang dimana bagian2 itu memiliki kegiatan-kegiatan yang berbeda antar bagaian, namun dari bagian itu semua saling berkaitan dan saling berpengaruh satu sama lainnya.

  3. Setiap orang memberikan peranan

    Disini setiap orang yang ada didalam organisasi harus mempunyai peranan/kontribusi terhadap organisasi baik tenaga,fikiran dan yang lainnya.

  4. Adanya Kewenangan, Koordinasi, dan pengawasan

    Adanya kewenangan, Sebagai contoh pada organisasi OSIS lagi Ketua OSIS memiliki kewenangan yang lebih tinggi dibandingkan Wakil ketua OSIS, kewenangan ini tergantung atas klasifikasi bagian dari organisasi tersebut atau struktur organisasi tersebut. Koordinasi dalam organisasi harus ada koordinasi yaitu agar organisasi dapat berjalan lancar. Contohnya : Ketua Osis Harus memberikan arahan kepada bagian yang ada dibawahnya sehingga yang ada dibagian bawah tersebut mengerti apa yang harus dilakukannya. Pengawasan dalam organisasi perlu adanya pengawasan, pengawasan ini dimaksudkan agar kegiatan yang didalam organisasi tidak keluar dari tujuan organisasi tersebut.

  5. Adanya tujuan yang ingin dicapai

    Tentunya setiap organisasi mempunyai tujuannya masing-masing, tujuan dari setiap organisasi bermacam-macam.

    Contohnya Organisasi PRASODJO yang ada dilingkungan saya, PRASODJO merupakan paguyupan yang berasal dari Desa SODO, Wonosari, GK. Yang berada di JABODETABEK dan Sekitarnya Dalam PRASODJO ini memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan PRASODJO ini adalah untuk memajukan Desa SODO. Lalu Untuk apa ada tujuan dalam organisasi ? kalau menurut saya tujuan tersebut adalah untuk memperjelas kenapa organisasi ini dibuat. Dan tujuan dibuat karena ingin satu hal atau beberapa hal yang baik untuk organisasi atau untuk lingkungan diluar organisasi.

     

Sumber : www.blog-berbagi.com dan Google.co.id

——————————————————————–

  • ERIK TRI SUMARWAN
  • 12112532
  • 2KA27

——————————————————————–

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: