PELANGI – INDAHNYA ALAM


Pelangi, hmmmm mejikuhibiniu (merah, jingga ,kuning .hijau ,biru ,nila , dan ungu) pernakah kalian liat pelangi??? Kalau didaerah pedesaan atau yang jarang polusi pasti pernah…. Pelangi kapan ada pelangi ya ?? pas ujan atau pas mendung atau pas panas! Abis ujan kayaknya. Tapi sekarang abis ujan yang ada banjir bukan pelangi. Hahaa… terakhir kapan melihat pelangi?? Lama pasti atau baru kemaren…jawab sendiri lahh..


Gambar 1.0 _ pelangi di bibir pantai

Yapp disini penulis Cuma mau ngasih tau gmana sih terjadinya PELANGI itu ?? dan kenapa pelangi sulit dijumpai diperkotaan!!

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.


Gambar 1.1 bujur spektrum

Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada panjang gelombangnya. Perbedaan panjang gelombang ini, akan memunculkan warna-warna pada pelangi yang tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.


Gambar 1.2 Pandangan manusia terhadap pelangi

 

Kalau menurut teori agak pusing ya, yang jelas pelangi adalah sebuah anugrah dari allah swt. Seperti yang dijelasin tadi yang diatas sebernya pelangi itu terdiri lebih dari 7 warna namun karena mata manusia hanya mampu menangkap 7 warna maka yang dikatakan pelangi itu mempunyai 7 warna. Tapi nggx peduli kalo pelangi itu tujuh warna sejatinya pelangi itu mempunyai sejuta warna yang nggx bisa dibandingkan dengan warna apapun. Nggx peduli teori Descartes yang bilang kalau pelangi adalah keajaiban sinar matahari dan butir – butir air udara yang jelas pelangi itu keindahan yang luar biasa.

Kapan terakhir liat Pelangi ?? kalo penulis sendiri udah lupa kapan. Saat ini jarang sekali menjumpai Pelangi didaerah perkotaan, dulu didaerah pedesaan penulis masing sering melihat pelangi ketika hujan mereda. apakah pelangi sudah hilang. Kalo menurut penulis pelangi bukan hilang tapi pelangi tak nampak lagi, kenapa nggx nampak? Alasannya lihat gimana langit kita saat ini penuh dengan asap hitam dan tebal, POLUSI udara yang ada. Disamping Polusi udara mungkin pemanasan global juga menjadi alasan kenapa pelangi nggx ada lagi.


Gambar 1.3 Langit Jakarta

Kini nggx ada lagi pelangi yang indah yang ada hanya langit hitam penuh polusi. Hmmmm amat disayangkan kini pelangi amat sulit untuk dilihat meskipun di beberapa daerah masih muncul PELANGI.. namun untuk diaerah perkotaan rasanya amat tipis untuk muncul pelangi. Keindahan ALAM yang amat luar biasa kini mulai menghilang karena kita karena apa yang kita lakukan. JAGA KEINDAHAN ALAM AGAR TETAP TERJAGA. Memperbaiki lebih baik dari pada menyesali . jaga alam maka alam akan menjaga kita J
J

Yang terakhir ini adalah macam macam pelangi :

 

Pelangi Klasik

FOGBOWS

Cingular Rainbows

Secondary Rainbow

Fire Rainbows

Moonbows

 

Sumber : http://blog.uad.ac.id/

     http://blog.uad.ac.id/indriaparamita/2011/12/17/pelangi-pelangi-alangkah-indahmu/

     Google Images

================================================================

NAMA     : ERIK TRI SUMARWAN

NPM        : 12112532

KELAS    : 2KA27

================================================================

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: