PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI


Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang perubahan organisasi dan pengembangan organisasi.

Perubahan Organisasi, perubahan organisasi adalah suatu variasi dari cara-cara yang telah mapan, yang sudah berlansung dalam organisasi dan digunakan serta telah ditaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktifitasnya dan berbeda dari apa yang selama ini telah berlaku didalam organisasi.

Pengembangan organisasi, pengembangan organisasi adalah suatu pendekatan sistematik, terpadu, terencana untuk meningkatkan efektifitas organisasi tersebut. Atau dapat juga dikatakan bahwa Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah.

Adapun langkah-langkah guna mewujudkan perubahan organisasi :

  • Melakukan Pengkajian

    Setiap organisasi tidak dapat menghidarkan diri dari berbagai pengaruh dari berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi. Perubahan tersebut akan berdampak negatif dan positif. Jika dampak bersifat negatif maka perubahan tersebut akan menghambat kelancaran perkembangan dan kemajuan organisasi. Dan jika berdampak positif maka akan memperlancar kegiatan, perkembangan dan kemajuan organisasi.

  • Melakukan Identifikasi

    Mengidentifikasi setiap dampak perubahan yang terjadi didalam organisasi. Semua faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan organisasi harus dicermati secara teliti sehingga permasalahan dapat dipecahkan dengan tepat.

  • Menetapkan perubahan

    Sebelum langkah-langkah perubahan diambil, pimpinan organisasi harus yakin bahwa perubahan memang harus dilakukan, baik untuk meningkatkan kemampuan organisasi maupun untuk mempertahankan eksitensi serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi selanjutnya

  • Menentukan Strategi

    Ketika pimpinan sudah yakin perubahan akan dilakukan maka pimpinan harus menyusun strategi untuk mewujudkan perubahan tersebut.

  • Melakukan evaluasi

    Untuk mengetahui dampak perubahan yang terjadi maka perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai dengan harapan berarti perubahan tersebut berpengaruh positif untuk organisasi, dan apabila tidak sesuai harapan maka perubahan berpengaruh negatif terhadap organisasi

  • Mengadakan perubahan struktur organisasi
  • Mengubah sikap dan perilaku pegawai
  • Mengubah tata aliran kerja
  • Mengubah peralatan kerja
  • Mengubah prosedur kerja
  • Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personal

PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI

Terdapat 4 tahapan untuk melakukan semua kegiatan perencaan yaitu

  1. Menetapkan Tujuan

    Memutuskan apa keinginan dari organisasi tersebut, tanpa adanya tujuan yang jelas maka organisai akan berjalan secara tidak efektif

  2. Merumuskan Keadaan Saat ini

    Memahami bagaimanakah keadaan organisasi saat ini sebelum tujuan yang ingin dicapai. Karena pada dasarnya tujuan akan menyangkut masa yang akan datang. Organisasi memerlukan informasi baik keuangan maupun statistik yang didapat dari komunikasi didalam organisasi

  3. Mengidentifikasi Segala Hambatan dan Kemudahannya

    Segala kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasi untuk mengukur kemampuan dari organisasi dalam mencapai tujuan. Faktor-faktor baik intern dan ekstern harus di pahami agar masalah yang timbul dalam mencapai tujuan dapat diantisipasi.

  4. Mengembangkan Rencana Serangkaian Kegiatan

    Ini adalah alternatif dalam proses untuk pencapai tujuan, penilaian alternatif-alternatif yang terbaik yang akan dipilih dari alternatif yang ada.

IMPLIKASI MANAJERIAL

Sebab yang terjadi karena adanya perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya, organisasi tersebut juga tidak akan diam di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin hari. Implikasi manajerial memberikan kontribusi praktis bagi manajemen.

===========================================================

ERIK TRI SUMARWAN

12112532

2KA27

===========================================================


Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: