Kode Etik Penggunaan IT


IT merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi (wikipedia).

Dari penjelasan tentang IT dapat diambil bahwa IT berkaitan dengan membuat, mengubah menyimpan dan menyebarluaskan informasi. dengan adanya IT maka informasi yang kita peroleh akan lebih cepat dan lebih banyak. IT sangat membantu bagi manusia.

Namun didalam penggunaan IT baik membuat,mengubah dan menyebarluaskan terdapat kode etik yang harus dijalankan dan tidak boleh diabaikan . berikut adalah kode etik yang harus dijalankan oleh pengguna IT :

hacker-charityowl

1. Kode Etik penggunaan Internet

Dengan internet seseorang akan mendapatkan informasi lebih banyak baik informasi yang baik maupun yang kurang baik, contohnya : penggunaan internet yang digunakan untuk melakukan hacking, hacking adalah perbuatan yang melanggar hukum jika merugikan orang lain. internet dapat mengakses jutaan informasi dari berbagai sudut didunia, tapi terkadang banyak orang yang mengabaikan kode etik didalam mengakses dan menyebarluaskan informasi, contohnya : mengakses situs po*no, mendownload software bajakan, menyebarluaskan informasi tanpa referensi dari penulis aslinya dan lain sebagainya.

jadi dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kode etik yang harus dipenuhi :

  1. Jangan melakukan hacking
  2. jangan mengakses situs po*no
  3. mendownload software bajakan
  4. membuat tulisan  dengan copy paste tanpa referensi

2. Kode etik Penggunaan Email

Email merupakan sarana komunikasi untuk mengirimkan informasi baik berupa tulisan fil, gambar dan lain sebagainya. email mempermudah manusia dalam bertukar informasi. namun seseorang biasanya mempunyai lebih dari satu email. email yang penting, email untuk social media dan email untuk berbelanja online.

lalu bagaimana dengan kode etik penggunaan email?, contoh : Didalam email tak jarang kita mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal dengan terdapat link halaman. terkadang juga kita menemukan email di spam. banyak orang yang menggunakan email untuk menyebarluaskan informasi secara acak keberbagai email biasanya hal tersebut berupa penipuan atau hacking. tak jarang seseorang yang mendapat email berupa hadiah undian dari berbagai situs. hal tersebut jika seseorang percaya maka akan banyak orang yang dirugikan dengan adanya informasi palsu. didalam pesan juga kadang terdapat link yang menuju halaman palsu yang mirip dengan halaman login gmail. banyak orang yang memasukan email dan password mereka dan yang terjadi adalah email yang mereka miliki akan diambil alih oleh orang lain. yang lebih parah lagi adalah apabila kita hanya menggunakan 1 email untuk semua kegiatan baik untuk pekerjaan, sosial media, online shop, maka kita akan kehilangan semuanya.

jadi intinya berhati hatilah ketika menerima email yang tidak kita ketahui. buatlah email untuk masing masing kegiatan yang dilakukan, dan juga jangan buat password  yang sama pada setiap email. gunakan email secara bijak jangan untuk menipu orang lain.

3. Kode Etik Penggunaan Software 

software saat ini amatlah banyak, baik software gratis, berbayar, dan software opensource. pada umumnya seseorang apa apa pengenya gratisan contohnya paling simple jika seseorang mempunya komputer atau laptop mereka menginstal windows bajakan karena harga windows tidak murah. kemudian ada juga software pengolah kata, angka dan data seperti microsoft office. harganya cukup mahal biasanya orang juga menggunakanyang bajakan atau sudah di crack. hal ini akan merugikan perusahaan pembuat software tersebut dan juga menyalahi kode etik dalam pengguaan software. adapun kode etik yang harus kita jalankan.

cracks

  1. jangan gunakan software crack atau bajakan
  2. jangan membuat crack software
  3. jangan mengotak atik software yang sudah ada kecuali opensource
  4. gunakan software sebagaimana mestinya
  5. jangan gunakan software untuk kejahatan
  6. jangan membuat software yang mengandung malware

=========================================================================

ERIK TRI SUMARWAN

12112532

4KA27

==========================================================================

Perihal erikerky
erikandfiki.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: