PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Sebelum kita membahas apa saja peran komunikasi didalam organisasi kita harus tau apa itu komunikasi dan apa itu organisasi.

Komunikasi? Komunikasi adalah penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain sehingga menimbulkan efek atau mendapatkan respon dari orang lain.contoh komunikasi : si A bertanya ke Si B dan Si B tidak merespon maka itu bukan komunikasi sedangkan jika si B merespon maka itulah komunikasi. Kemudian apa itu organisasi? Dari materi materi sebelum-sebelumnya sudah sering di jelaskan apa itu organisasi namun akan saya tulis lagi apa itu organisasi. Organisasi ialah sekelompok orang yang bekerjasama untu mencapai satu tujuan yang sama.

Unsur – Unsur Komunikasi

Dalam proses komunikasi ada tiga unsur yang mutlak harus dipenuhi karena merupakan suatu bentuk kesatuan yang utuh dan bulat . Bila salah satu unsur tidak ada , maka komunikasi tidak akan pernah terjadi. Dengan demikian , setiap unsur dalam komunikasi itu memiliki hubungan yang sangat erat dan slaing ketergantungan satu dengan lainnya . Artinya , keberhasilan komunikasi ditentukan oleh semua unsur tersebut . Unsur – unsur komunikasi yaitu :

  1. Komunikator / pengirim / sender

    Merupakan orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan Komunikator bisa tunggal, kelompok atau organisasi pengirim berita.Komunikator bertanggung jawab dalam hal mengirim berita dengan jelas , memilih media yang ocok untuk menyampaikan pesan tersebut , dan meminta kejelasan apakah pesan telah diterima dengan baik . Untuk itu , seorang komunikator dalam menyampaikan pesan atau informasi harus memperhatikan dengan siapa dia berkomunikasi , apa yang akan dia sampaikan , dan bagaimana cara menyampaikannya.

  2. Komunikan / penerima / receiver

    Merupakan penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator . Dalam proses komunikasi, penerima pesan bertanggung jawab untuk dapat mengerti isi pesan yang disampaikan dengan baik dan benar . Penerima pesan juga memberikan umpan balik kepada pengirim pesan untuk memastikan bahwa pesan telah diterima dan dimengerti secara sempurna .

  3. Saluran / media / channel.

    Merupakan saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan dan sebaliknya.Pesan dapat berupa kata-kata atau tulisan, tiruan, gambaran atau perantara lain yang dapat digunakan untuk mengirim melalui berbagai channel yang berbeda seperti telepon , televisi , fax , photo copy , email , sandi morse , semaphore , sms , dan sebagainya . Pemilihan channel dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan( Wursanto , 1994 ) .

Hambatan Komunikasi

Pada sebuah proses komunikasi yang terjadi terkadang kita juga akan mengalami banyak hambatan dalam berkomunikasi. Beberapa Hambatan Komunikasi adalah :

  1. Hambatan sematik : Komunikasi yang disebabkan oleh fakor bahasa yg digunakan oleh para pelaku Komunikasi.
  2. Hambatan mekanik : Komunikasi yang disebabkan oleh factor elektrik, mesin atau media lainnya
  3. Hambatan antropologis : Hambatan yang disebabkan oleh perbedaan pada diri manusia
  4. Hambatan psikologis : Hambatan yang disebabkan oleh factor kejiwaan.

Komunikasi sudah terus organisasi udah, lanjut ke materi yang akan dibahas yaity Peran Komunikasi didalam Organisasi.

Peran Komunikasi Didalam Organisasi

Komunikasi dalam organisasi adalah komunikasi di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, dalam rangka pembinaan kerja sama yang serasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi (Effendy,1989: 214). Manajemen sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif sangat penting bagi para manajer, paling tidak ada dua alasan, pertama, komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai; kedua, komunikasi adalah kegiatan dimana para manejer mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka. Proses Komunikasi memungkinkan manejer untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompo dapat tercapai. Jadi seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebahagian besar waktu seorang manejer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap muka atau melalui media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan, staf, langganan dsb. Manejer melakukakan komunikasi tertulis seperti pembuatan memo, surat dan laporan-laporan.

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting agar tidak terjadinya salah penyampaian informasi antar anggota dalam suatu organisasi dan agar tercapainya tujuan tertentu. Sebuah interaksi yang bertujuan untuk menyatukan dan mensikronkan seluruh aspek untuk kepentingan bersama sangat dibutuhkan dalam sebuah tujuan berorganisasi. Dengan kata lain, tanpa adanya sebuah interaksi yang baik niscaya sebuah organisasi tidak akan mencapai tujuannya. Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh anggota organisasi yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi, instruksi tugas kerjaatau mungkin pembagian tugas kerja. Interaksi sebenarnya adalah proses hubungan komunikasi antara 2 orang atau lebih dimana orang yang satu bertindak sebagai pemberi informasi dan orang yang lain berperan sebagai penerima informasi. Intinya, korelasinya harus melibatkan dan terfokus kepada orang-orang itu sendiri dalam suatu organisasi. dengan kata lain dapat disimpulkan komunikasi dapat dibilang juga sebagai proses penyampaian informasi yang berguna untuk mengkoordinasi lingkungan dan orang lain demi mencapai suatu tujuan. Pada artikel kami kali ini konteks komunikasi yang akan dibahas adalah meliputi konteks komunikasi dalam sebuah organisasi.

Setiap bentuk organisasi pasti mengedepankan sebuah komunikasi agar tercipta hasil yang selaras. Biasanya proses komunikasi dalam suatu organisasi meliputi atasan dan bawahan dengan metode penyampaian yang terarah dari suatu atasan ke bawahannya yang semata-mata semua berorientasi berdasarkan organisasi. Bisa kita bayangkan berorganisasi tanpa adanya komunikasi pasti hasilnya nihil. tanpa mengetahui apa tujuan yang jelas .

Tujuan komunikasi dalam sebuah organisasi sangat memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan para anggota bekerja dari instruksi-instruksi yang diberikan dari atasan dan untuk mengurangi kesalahpahaman yang biasa terjadi dan memang sudah melekat pada suatu organisasi. Apabila semua bawahan dan atasan dapat berinteraksi dengan baik, maka seluruh kesalahpahaman yang beresiko mungkin akan berkurang presentase nya , karena tiap manusia mempunyai cara penyampaian komunikasi yang berbeda-beda secara verbal dan mau tidak mau kita harus membuat si penerima informasi itu mengerti informasi apa yang kita sampaikan. Dengan demikian semua pelaku organisasi harus berbicara , bertindak satu sama lain guna untuk membangun satu lingkungan kondusif dan mengetahui situasi-situasi apa yang akan terjadi di luar suatu dugaan karena kesalahan komunikasi sekecil apa pun pasti akan berakibat fatal.

Peranan tokoh pelaku organisasi sangat berperan penting dalam kemajuan organisasi. Atasan organisasi juga sangat berpengaruh , atasan dituntut untuk melakukan sesuatu tindakan yang real dan berdisiplin guna untuk mengurangi tingkat kesalahpahaman yang terjadi pada anggota. Contoh kecil saja apabila melakukan rapat atasan mengirimkan informasi pada suatu bawahannya dan si bawahan menginformasikan kepada seluruh anggota untuk datang ke suatu pertemuan rapat dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Tetapi apabila si atasan terlambat datang tanpa memberi kabar yang jelas maka dari sini mulailah kesalahpahaman dan ambiguilitas yang terjadi. Karena setiap pelaku organisasi dituntut untuk bersikap profesional dan mengedepankan disiplin serta tanggung jawab yang besar dan iitu akan terus berlanjut apabila kita sudah melanjutkannya di dunia kerja. Atasan dituntut atas apa yang diperkerjakan oleh bawahannya dan dapat mengawasi dan memotivasi secara efektif , maka sang atasan harus mempunyai profesionalisme yang baik.

Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

Sendjaja (1994) menyatakan fungsi komunikasi dalam organisasi adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi informatif. Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti. Orang-orang dalam tataran manajemen membutuhkan informasi untuk membuat suatu kebijakan organisasi ataupun guna mengatasi konflik yang terjadi di dalam organisasi. Sedangkan karyawan (bawahan) membutuhkan informasi untuk melaksanakan pekerjaan, di samping itu juga informasi tentang jaminan keamanan, jaminan sosial dan kesehatan, izin cuti, dan sebagainya.
  2. Fungsi regulatif. Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Terdapat dua hal yang berpengaruh terhadap fungsi regulatif, yaitu:
  • Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen, yaitu mereka yang memiliki Sendjaja (1994) menyatakan fungsi komunikasi dalam organisasi adalah sebagai kewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Juga memberi perintah atau intruksi supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya.
  • Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif pada dasarnya berorientasi pada kerja. Artinya, bawahan membutuhkan kepastian peraturan tentang pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan.
  1. Fungsi persuasif. Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar dibanding kalau pimpinan sering memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya.
  2. Fungsi integratif. Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Ada dua saluran komunikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut, yaitu:
  • Saluran komunikasi formal seperti penerbitan khusus dalam organisasi tersebut (buletin, newsletter) dan laporan kemajuan organisasi.
  • Saluran komunikasi informal seperti perbincangan antar pribadi selama masa istirahat kerja, pertandingan olahraga, ataupun kegiatan darmawisata. Pelaksanaan aktivitas ini akan menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.

     

#PENGALAMAN SAYA BERORGANISASI#

Saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya berorganisasi, saya Erik Tri Sumarwan kebetulan saya hampir tidak pernah mengikuti organisasi apapun. Didalam kemahasiswaan maupun sejak Sekolah dasar. Alasan saya tidak pernah mengikuti organisasi adalah karena saya kurang tertarik dalam beroganisasi. Namun setahun belakangan ini saya mulai ikut dalam sebuah organisasi yang diikuti oleh orang tua saya(Bapak), karena saya sering mengikuti orang tua saya ketika ada pertemuan saya jadi ikut membantu dalam organisasi meskipun belum seberapa. Organisasi yang saya ikuti adalah PRASODJO (Paguyuban Remaja Perantau Sodo Jabodetabek). Apa saja yang dilakukan di organisasi itu ? kalau saya pribadi hanya membantu seperlunya contohnya saat organisasi ini mengadakan turnamen bola volley 2013 di desa sodo, Gunung Kidul saya membantu dalam pencatatan dan persiapaan dalam techbnical meeting(dibantu mas tanto dan mas timbul).organisasi ini memiliki beberapa bentuk kegiatan, Beberapa kegiatan yang dilaksanakan sampai dengan saat ini yaitu :

  1. Kegiatan sosial kemasyarakatan yang bersifat untuk membantu warga perantau Sodo yang mengalami musibah
  2. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya rutin seperti halal bihalal (syawalan) setiap tahunnya
  3. Kegiatan hari jadi Prasodjo yang ditetapkan tepat pada malam 1 muharram setiap tahunnya (malam 1 suro)
  4. Berpartisipasi dalam kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Desa Sodo dalam kegiatan acara Babad Dalan atau yang lainnya
  5. Kegiatan Arisan bulanan.
  6. Kegiatan keagamaan, pendidikan, olahraga (sepakbola+futsal-ciledug, bola volley-bekasi) dan seni budaya bagi warga perantau yang ada di Jabotabek.
  7. Bantuan serta kegiatan yang pernah dilakukan oleh Prasodjo yaitu bantuan untuk penghijauan berupa penanaman pohon palm yang berasal dari Jakarta untuk perindang jalan raya Sodo
  8. dll

Berikut gambara dari beberapa acara yang diadakan Prasodjo :


Turnamen SODO CUP 2013 : Pemenang SODO CUP 2013


Malam Satu Suro 2013

Untuk lebih lengkap tentang PRASODJO : Klik Disini

Jika ada kesalahan dalam penulisan atau dalam penulisan sumber mohon pencerahaannya…terima kasih

==================================================================

Sumber : http://irma-mintuna.blogspot.com/2013/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html

Desa sodo

==================================================================

ERIK TRI SUMARWAN

12112532

2KA27

POU – TAMAGOTCHI JAMAN SEKARANG


Masih inget sama tamagotchi permainanya dengan memelihara bintanag bernama tamagotchi mainnya ngasih makanan, membersihin kamar tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi dll.tamagotchi akan seneng kalau diurusin terus, akan marah kalau kita lupa nggx ngurusin.

permainan waktu SD dlu hahaha…. permainan ini udah ada katanya pada tahun 1996 kalo kata wikipedia. Nah sekarang juga ada yang mirip tamagotchi Namanya POU, ada yang main POU. Hahha POU ini mirip sekali dengan tamagotchi namun dengan versi yang berbeda kalo dulu di layar kotak kotak gambarnya sekarang udah ada di smartphone khusunya smartphone dengan OS android. Kayaknya yang bikin game ini inspirasinya dari tamagotchi soalnya mirip, ada ngasih makan ada main ada marah ada seneng. Mirip pokonya. Dlu tamagotchi ada fitur inframerah buat hubungin ke tamagotchi lain. POU juga ada tapi pake koneksi internet. Coba liat tamagochi dan POU


Gambar pertama Ini tamgotchi dan Ini POU hhehe,,,

Hampir sama kan.hehhe… apa ja fitur yang ada di games POU ?

  • Pada gambar paling atas ada 6 gambar


    Yang pertama dari kiri itu buat duit yang kita punya buat ngerawat POUnya ,Yang kedua adalah gambar paha ayam ntu, itu buat nunjukin tingkat lapernya si POU jadi kalo laper buru-buru kasih makan hehe .Yang ketiga adalah gambar tambah atau medis itu buat kesehatannya si POU jadi kalo makin turun mpe merah nanti POU sakit .Yang ke empat adalah gambar POUnya kalau itu buat nunjukin tingkat emosinya si POU kalo makin penuh makin seneng POUnya .Yang kelima adalah gambar petir , itu buat energinya si POU energi akan nambah kalo POUnya tidur .dan Yang terakhir adalah gambar kaya POU, itu buat nunjukin level POU kita

  • Nah yang kedua ini adalah buat ganti tempat dan juga buat foto si POU


    Jadi di POW ini ada beberapa tempat yaitu dapur, kamar mandi , LAB ,Game Room, dan Hall.


    nah dari ke enam tempat ini memiliki fungsi masing masing, yang pertama untuk Kitchen untuk memberikan makanan ke si POU, yang kedua Bathroom untuk membersikan POU kalau udah kotor,yang ketiga LAB untuk memberikan ramuan-ramuan khusus, kemudian game room yaitu untuk mempengaruhi perasaan si POU biar seneng dan juga buat main game dan untuk mendapatkan uang juga. Kemudian ada bedroom yaitu untuk si POU tidur dan mengisi energi dan yang terkhir hall yaitu untuk keluar rumah di hall kita dapat menyiram bunga, bermain dikolam dan bermain bola, dan yang baru bisa naik mobil.

  • Nah yang paling bawah ini


    Yang paling bawah ini ada di 6 tempat yang berbeda yaitu di kitchen, bathroom, Lab, game room, bedroom dan hall , disemua itu berbeda beda fungsinya yang petama yang dikitchen, yang di kitchen di paling kiri ada buat meliahat seluruh makanan kita dan yang ditengan adalah makanan yang akan diberikan ke si POU buat kasih makannya drag aja ke si POU kalo dia suka nanti dimakan ma dia.buat yang seterusnya juga sama ja Cuma bedanya fungsinya.

Udah tau kan tampilannya singkatnya si POU. Nah sekarang saya mau ngasih tips buat main POUnya biar levelnya cepet naik dan duitnya juga banyak tapi tanpa cheat ……

  1. Berikan makan si POU secara rutin, ngasih makan rutin sering dapat bonus poin
  2. Main game


    Pecahin highscorenya dan kalau mau banyak yang dapat duitnya main yang POU POPPER ,COLOR TAP sama Match Tap itu paling banyak dapetnya kalau menurut saya.

  3. Kalau POUnya gemuk blik ramuat FAT BURNER, biar gak gemuk trus kasih makan lagi mpe gemuk dan bli lagi fat burnernya begitu terus nanti cepet naik levelnya.
  4. Jangan beli apa apa dlu sebelum duitnya banyak, blinya cukup makanan ma ramuan
  5. Kalau udah gede duitnya banyak pasti dah ngerti tinggal beli beli ja


  6. Jangan lupa di tempat level itu masukin email,buat ngesave gamenya. Biar kalo hapenya ganti POUnya masih bisa dilanjutin.
  7. Yang SABAR belum tau tamatnya kapan hahha…

Udah tipsnya sekarang downloadnya ada di Playstore Cuma 16.51MB ….


Thank you

=======================================================

TULISAN 4

NAMA     : ERIK TRI SUMARWAN

NPM        : 12112532

KELAS    : 2KA27

=======================================================

  

STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK


Konflik

Konflik adalah perselisahan/terjadi perbedaan antara dua orang atau lebih,Konflik dapat berupa perselisihan , adanya ketegangan atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering menimbulkan sikap oposisi antara kedua belah pihak, sampai kepada tahap di mana pihak-pihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai penghalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing-masing.

Ada banyak penyebab terjadinya Konflik :

  1. Perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Setiap manusia adalah individu yang unik. Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

    Contohnya ketika suami istri akan pergi berlibur sang istri ingin ketempat A sedangkan sang suami ingin ketempat B karena mereka berbeda dengan tempat yang disukai maka dapat menimbulkan konflik kalau diantaranya tidak saling memahami.

  2. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.

    Contohnya : seseorang berasal dari jogja satu lagi dari batak, karena orang batak perkataanya memang lebih lantang seakan akan lagi marah padahal menurut orang batak itu tidak marah melainkan memang logatnya maka kalau orang jogja mengira dia marah maka akan terjadi konflik karena adanya pemikiran yang berbeda.

  3. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.

    contoh pak mamad dan pak mahmud punya uang Rp 120.500.000 , kalau kata pak mamad uangnya dipakai buat bangun masjid saja sedangkan pak mahmud maunya uangnya dibuat buka Toko saja.nah mereka kan punya tujuan yang berbeda maka itu akan menimbulkan konflik jika tidak ditangani dengan benar

  4. Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat. Perubahan adalah sesuatu yang lazim dan wajar terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau bahkan mendadak, perubahan tersebut dapat memicu terjadinya konflik sosial.

    Contoh : pada masyarakat pedesaan yang mengalami proses industrialisasi yang mendadak akan memunculkan konflik sosial sebab nilai-nilai lama pada masyarakat tradisional yang biasanya bercorak pertanian secara cepat berubah menjadi nilai-nilai masyarakat industri. Nilai-nilai yang berubah itu seperti nilai kegotongroyongan berganti menjadi nilai kontrak kerja dengan upah yang disesuaikan menurut jenis pekerjaannya. Hubungan kekerabatan bergeser menjadi hubungan struktural yang disusun dalam organisasi formal perusahaan. Nilai-nilai kebersamaan berubah menjadi individualis dan nilai-nilai tentang pemanfaatan waktu yang cenderung tidak ketat berubah menjadi pembagian waktu yang tegas seperti jadwal kerja dan istirahat dalam dunia industri. Perubahan-perubahan ini, jika terjadi seara cepat atau mendadak, akan membuat kegoncangan proses-proses sosial di masyarakat, bahkan akan terjadi upaya penolakan terhadap semua bentuk perubahan karena dianggap mengacaukan tatanan kehiodupan masyarakat yang telah ada.

Tadi telah disebutkan penyebab terjadinya konflik , lalu bagaimana cara mengatasinya berikut Strategi Penyelesaian Konfliknya. Yang pertama adalah adanya pendekatan terhadap konflik yang dialami pendekatan yang dilakukan diantaranya:

  1. Menghindar

    Menghindari konflik dapat dilakukan jika isu atau masalah yang memicu konflik tidak terlalu penting atau jika potensi konfrontasinya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya. Penghindaran merupakan strategi yang memungkinkan pihak-pihak yang berkonfrontasi untuk menenangkan diri.namun pendekatan ini menurut saya kurang baik,kenapa ? kalau kita menghindari konflik yang terjadi bukankah nantinya malah akan menimbulkan konflik yang lebih besar. Lebih baik menerima konflik tersebut lalu meluruskan permasalahannya lalu diskusikan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

  2. Mengakomodasi

    Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan. Perawat yang menjadi bagian dalam konflik dapat mengakomodasikan pihak lain dengan menempatkan kebutuhan pihak lain di tempat yang pertama.

  3. Kompetisi

    Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda. Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.

  4. Kompromi atau Negosiasi

    Masing-masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.

  5. Memecahkan Masalah atau Kolaborasi

    Pemecahan sama-sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama dalam penyelesain masalahnya.

Mengendalikan konflik berarti menjaga tingakat konflik yang kondusif bagi perkembangan organisasi sehingga dapat berfungsi untuk menjamin efektivitas dan dinamika organisasi yang optimal. Namun bila konflik telah terlalu besar dan disfungsional, maka konflik perlu diturunkan intensitasnya, antara lain dengan cara :

  1. Mempertegas atau menciptakan tujuan bersama. Perlunya dikembangkan tujuan kolektif di antara dua atau lebih unit kerja yang dirasakan bersama dan tidak bisa dicapai suatu unit kerja saja.
  2. Meminimalkan kondisi ketidak-tergantungan. Menghindari terjadinya eksklusivisme diatara unit-unit kerja melalui kerjasama yang sinergis serta membentuk koordinator dari dua atau lebih unit kerja.
  3. Memperbesar sumber-sumber organisasi seperti : menambah fasilitas kerja, tenaga serta anggaran sehingga mencukupi kebutuhan semua unit kerja.
  4. Membentuk forum bersama untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalah bersama. Pihak-pihak yang berselisih membahas sebab-sebab konflik dan memecahkan permasalahannya atas dasar kepentingan yang sama.
  5. Membentuk sistem banding, dimana konflik diselesaikan melalui saluran banding yang akan mendengarkan dan membuat keputusan.
  6. Pelembagaan kewenangan formal, sehingga wewenang yang dimiliki oleh atasan atas pihak-pihak yang berkonflik dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan perselisihan.
  7. Meningkatkan intensitas interaksi antar unit-unit kerja, dengan demikian diharapkan makin sering pihak-pihak berkomunikasi dan berinteraksi, makin besar pula kemungkinan untuk memahami kepentingan satu sama lain sehingga dapat mempermudah kerjasama.
  8. Me-redesign kriteria evaluasi dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran prestasi yang dianggap adil dan acceptable dalam menilai kemampuan, promosi dan balas jasa.

Ada tiga metode penyelesaian konflik yang sering digunakan, yaitu dominasi atau penekanan, kompromi, dan pemecahan masalah integratif.Dominasi atau penekanan. Dominasi atau penekanan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Kekerasan (forcing) : yaitu penekanan otokratik.
  2. Penenangan (smoothing) : menenangkan diri dari konflik
  3. Penghindaran (avoidance) : menghidari konflik itu sendiri
  4. Aturan mayoritas (majority rule) yaitu menyelesaikan konflik antar kelompok dengan melakukan pemungutan suara (voting) melalui prosedur yang adil.
  5. Kompromi : yaitu mencari jalan tengah untuk kedua pihak yang terjadi konflik

 

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahawa Konflik adalah perbedaan tujuan,latar belakang ataupun pendiria antara dua orang atau lebih.konflik yang terjadi dapat diselesaikan dengan pendekatan dan pendekatan yang paling baik adalah memecahkan masalah dan kolaborasi yaitu menyelesaikan masalah dengan kedua pihak menang.kemudia konflik juga dapat dikendalikan atau dapat diturunkan instesitasnya dengan berbagai cara diantaranya adalah membentuk forum agar masalah yang terjadi dapat diselesaikan.kemudian yang terakhir adalah metode penyelesaian konflik, dan menurut sayang yang terbaik adalah kompromi yaitu mencari jalan tengah untuk menyelesaikan konflik tersebut.

 

Sumber :

http://andrie07.wordpress.com/2009/11/25/faktor-penyebab-konflik-dan-strategi-penyelesaian-konflik/

http://tkampus.blogspot.com/2012/04/strategi-penyelesaian-konflik.html    

=======================================================

NAMA     : ERIK TRI SUMARWAN

NPM        : 12112532

KELAS    : 2KA27

=======================================================

PELANGI – INDAHNYA ALAM


Pelangi, hmmmm mejikuhibiniu (merah, jingga ,kuning .hijau ,biru ,nila , dan ungu) pernakah kalian liat pelangi??? Kalau didaerah pedesaan atau yang jarang polusi pasti pernah…. Pelangi kapan ada pelangi ya ?? pas ujan atau pas mendung atau pas panas! Abis ujan kayaknya. Tapi sekarang abis ujan yang ada banjir bukan pelangi. Hahaa… terakhir kapan melihat pelangi?? Lama pasti atau baru kemaren…jawab sendiri lahh..


Gambar 1.0 _ pelangi di bibir pantai

Yapp disini penulis Cuma mau ngasih tau gmana sih terjadinya PELANGI itu ?? dan kenapa pelangi sulit dijumpai diperkotaan!!

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.


Gambar 1.1 bujur spektrum

Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada panjang gelombangnya. Perbedaan panjang gelombang ini, akan memunculkan warna-warna pada pelangi yang tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.


Gambar 1.2 Pandangan manusia terhadap pelangi

 

Kalau menurut teori agak pusing ya, yang jelas pelangi adalah sebuah anugrah dari allah swt. Seperti yang dijelasin tadi yang diatas sebernya pelangi itu terdiri lebih dari 7 warna namun karena mata manusia hanya mampu menangkap 7 warna maka yang dikatakan pelangi itu mempunyai 7 warna. Tapi nggx peduli kalo pelangi itu tujuh warna sejatinya pelangi itu mempunyai sejuta warna yang nggx bisa dibandingkan dengan warna apapun. Nggx peduli teori Descartes yang bilang kalau pelangi adalah keajaiban sinar matahari dan butir – butir air udara yang jelas pelangi itu keindahan yang luar biasa.

Kapan terakhir liat Pelangi ?? kalo penulis sendiri udah lupa kapan. Saat ini jarang sekali menjumpai Pelangi didaerah perkotaan, dulu didaerah pedesaan penulis masing sering melihat pelangi ketika hujan mereda. apakah pelangi sudah hilang. Kalo menurut penulis pelangi bukan hilang tapi pelangi tak nampak lagi, kenapa nggx nampak? Alasannya lihat gimana langit kita saat ini penuh dengan asap hitam dan tebal, POLUSI udara yang ada. Disamping Polusi udara mungkin pemanasan global juga menjadi alasan kenapa pelangi nggx ada lagi.


Gambar 1.3 Langit Jakarta

Kini nggx ada lagi pelangi yang indah yang ada hanya langit hitam penuh polusi. Hmmmm amat disayangkan kini pelangi amat sulit untuk dilihat meskipun di beberapa daerah masih muncul PELANGI.. namun untuk diaerah perkotaan rasanya amat tipis untuk muncul pelangi. Keindahan ALAM yang amat luar biasa kini mulai menghilang karena kita karena apa yang kita lakukan. JAGA KEINDAHAN ALAM AGAR TETAP TERJAGA. Memperbaiki lebih baik dari pada menyesali . jaga alam maka alam akan menjaga kita J
J

Yang terakhir ini adalah macam macam pelangi :

 

Pelangi Klasik

FOGBOWS

Cingular Rainbows

Secondary Rainbow

Fire Rainbows

Moonbows

 

Sumber : http://blog.uad.ac.id/

     http://blog.uad.ac.id/indriaparamita/2011/12/17/pelangi-pelangi-alangkah-indahmu/

     Google Images

================================================================

NAMA     : ERIK TRI SUMARWAN

NPM        : 12112532

KELAS    : 2KA27

================================================================

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: